Biografi Jeff Bezos

Biografi Jeff BezosPengusaha Amerika Jeff Bezos adalah pendiri dan Chief Executive Officer dari Amazon.com dan pemilik ' The Washington Post. ' Usaha bisnisnya yang sukses membuatnya menjadi salah satu orang terkaya di dunia.

Siapakah Jeff Bezos?

Biografi Jeff Bezos
Jeff Bezos

Pengusaha dan pelopor e-commerce Jeff Bezos adalah pendiri dan CEO dari perusahaan e-commerce Amazon, pemilik The Washington Post dan pendiri perusahaan eksplorasi ruang angkasa Blue Origin. Usaha bisnisnya yang sukses membuatnya menjadi salah satu orang terkaya di dunia.

Lahir pada 1964 di New Mexico, Bezos memiliki cinta komputer dan mempelajari ilmu komputer dan teknik elektro di Universitas Princeton. Setelah lulus, ia bekerja di Wall Street, dan pada 1990 ia menjadi Wakil Presiden Senior termuda di firma investasi de Shaw.

Empat tahun kemudian, Bezos berhenti dari pekerjaannya untuk membuka Amazon.com, sebuah toko buku online yang menjadi salah satu kisah sukses terbesar di internet. Pada 2013, Bezos membeli The Washington Post, dan di 2017 Amazon mengakuisisi Whole Foods.


Keluarga Jeff Bezos 

Jeff Bezos Lahir pada 12 Januari 1964, di Albuquerque, New Mexico, dari seorang ibu remaja, Jacklyn Gise Jorgensen, dan ayah kandungnya, Ted Jorgensen.

Jorgensens menikah kurang dari setahun. Ketika Bezos berusia 4 tahun, ibunya menikah lagi dengan Mike Bezos, seorang imigran Kuba.

Pendidikan Jeff Bezos

Bezos lulus summa cum laude dari Princeton University di 1986 dengan gelar sarjana di bidang ilmu komputer dan teknik elektro.

Bezos menunjukkan minat awal tentang bagaimana segala sesuatunya bekerja, mengubah garasi orangtuanya menjadi laboratorium dan tali-temali alat listrik di sekitar rumahnya saat kecil.

Dia pindah ke Miami bersama keluarganya semasa remaja, di mana dia mengembangkan kecintaan akan komputer dan lulus dari pembaca pidato perpisahan dari SMA-nya. Itu selama sekolah tinggi bahwa ia memulai bisnis pertamanya, Dream Institute, sebuah kamp pendidikan musim panas untuk kelas empat, kelima dan keenam.

Karir di bidang keuangan

Setelah lulus dari Princeton, Bezos menemukan pekerjaan di beberapa perusahaan di Wall Street, termasuk Fitel, Bankers Trust dan perusahaan investasi de Shaw. Pada 1990, Bezos menjadi Wakil Presiden termuda de Shaw. 


Sementara kariernya di bidang keuangan sangat menguntungkan, Bezos memilih untuk melakukan gerakan berisiko ke dunia e-commerce yang baru lahir. Dia berhenti dari pekerjaannya di 1994, pindah ke Seattle dan menargetkan potensi yang belum dimanfaatkan pasar internet dengan membuka toko buku online.

Pendiri dan CEO Amazon.com

Bezos membuka Amazon.com, dinamai Sungai Amerika Selatan yang berkelok-kelok, pada 16 Juli 1995, setelah meminta 300 teman untuk menguji beta situsnya. Dalam beberapa bulan menjelang peluncuran, beberapa karyawan mulai mengembangkan perangkat lunak dengan Bezos di garasi; mereka akhirnya memperluas operasinya menjadi rumah dengan dua kamar tidur yang dilengkapi dengan tiga Sun Microstations.

Keberhasilan awal perusahaan ini adalah meteorit. Tanpa promosi pers, Amazon.com menjual buku di seluruh Amerika Serikat dan di 45 negara asing dalam 30 hari. Dalam dua bulan, penjualan mencapai $20.000 seminggu, tumbuh lebih cepat daripada Bezos dan tim startup-nya telah dibayangkan.

Amazon.com pergi publik pada 1997, terkemuka banyak analis pasar untuk mempertanyakan apakah perusahaan bisa memegang sendiri ketika pengecer tradisional meluncurkan situs e-commerce mereka sendiri. Dua tahun kemudian, Start-up tidak hanya terus naik, tetapi juga mengalahkan pesaing, menjadi seorang pemimpin e-commerce.

Bezos terus melakukan diversifikasi Penawaran Amazon dengan penjualan CD dan video di 1998, dan kemudian pakaian, elektronik, mainan dan lebih melalui kemitraan ritel utama.

Sementara banyak dot. coms dari awal ' 90-an pergi Bust, Amazon berkembang dengan penjualan tahunan yang melonjak dari $510.000 di 1995 untuk lebih dari $17.000.000.000 di 2011.

Sebagai bagian dari surat pemegang saham tahunan Bezos ' 2018, konglomerat media mengatakan perusahaan telah melampaui 100.000.000 pelanggan berbayar untuk Amazon Prime. Pada September 2018, Amazon bernilai lebih dari $1.000.000.000.000, perusahaan kedua yang pernah memukul rekor itu hanya beberapa minggu setelah Apple.

Pada akhir 2018, Amazon mengumumkan itu menaikkan upah minimum untuk para pekerja untuk $15 per jam. Perusahaan ini masih telah dikritik karena kondisi kerja dan kecepatan yang melelahkan, dengan para pekerja memprotes selama hari Perdana pada 2019 Juli.

Amazon Instant video & Amazon Studios

Pada 2006, Amazon.com meluncurkan layanan video-on-demand. Awalnya dikenal sebagai Amazon unbox di TiVo, itu akhirnya diganti namanya sebagai Amazon Instant video.

Bezos menayangkan Perdana beberapa program asli dengan peluncuran Amazon Studios pada 2013. Perusahaan memukulnya besar di 2014 dengan kritis-diakui transparent dan Mozart di Jungle.

Perusahaan tersebut memproduksi dan merilis film fitur asli pertamanya, Chi-Raq milik Spike Lee, pada 2015.

Pada 2016, Bezos melangkah di depan kamera untuk penampilan cameo yang memainkan alien di Star Trek Beyond. Sebagai penggemar Star Trek sejak kecil, Bezos terdaftar sebagai Starfleet Official dalam film Credits di IMDb.

Pada awal 2018, The Seattle Times melaporkan bahwa Amazon telah mengkonsolidasikan operasi ritel konsumen dalam rangka untuk fokus pada daerah berkembang termasuk hiburan digital dan Alexa, asisten virtual Amazon.

E-Reader Kindle

Amazon merilis Kindle, buku digital genggam pembaca yang memungkinkan pengguna untuk membeli, men-download, membaca dan menyimpan pilihan buku mereka, di 2007.

Bezos memasuki Amazon ke dalam pasar tablet dengan menyingkapkan Kindle Fire pada 2011. September berikutnya, ia mengumumkan Kindle Fire HD baru, tablet generasi berikutnya yang dirancang untuk memberikan iPad Apple untuk menjalankan uangnya.

 "Kami belum membangun tablet terbaik dengan harga tertentu. Kami telah membangun tablet terbaik dengan harga berapa pun, "ujar Bezos, menurut ABC News.

Amazon drone

Pada awal 2013 Desember, Bezos menjadi berita utama ketika ia mengungkapkan inisiatif eksperimental baru oleh Amazon, yang disebut  "Amazon Prime air, " menggunakan drone untuk menyediakan layanan pengiriman kepada pelanggan. Dia mengatakan drone ini akan mampu membawa barang seberat hingga lima kilogram dan mampu bepergian dalam jarak 10 mil dari pusat distribusi perusahaan.

Perdana udara pengiriman pertama berlangsung di Cambridge, Inggris, pada tanggal 7 Desember 2016.

Fire Phone

Bezos mengawasi salah satu dari Amazon beberapa salah langkah utama ketika perusahaan meluncurkan Fire Phone di 2014. Dikritik karena terlalu menjengkelkan, itu dihentikan pada tahun berikutnya.

Whole Food

Bezos telah mengamati pasar pengiriman makanan, dan di 2017 Amazon mengumumkan bahwa mereka telah memperoleh rantai grosir makanan Whole Foods untuk $13.700.000.000 tunai. 

Perusahaan mulai menawarkan penawaran di toko untuk pelanggan Amazon Prime dan pengiriman belanjaan hanya dalam dua jam, tergantung pada pasar. Akibatnya, Walmart dan Krogers juga mulai menawarkan pengiriman makanan kepada para pelanggan. 

Popular posts from this blog

5 Best Places to Visit in Thailand

flights from nyc to bali